Senin, 12 Maret 2012

Cara Hilangkan Amis Kaldu Ikan

KALDU banyak digemari sebagai penambah gurih hidangan. Selain itu, kaldu, mulai kaldu ayam, daging, hingga ikan, disukai karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Walaupun begitu, tidak banyak orang yang bisa mendapatkan kaldu ikan tanpa aroma amis.

Berikut adalah tip bagi Anda yang ingin menghasilkan kaldu ikan yang tidak amis:

  1.  Untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan, buang insangnya sampai benar-benar bersih. Cara lain, yaitu dengan menggoreng ikan yang telah dibersihkan, kemudian masukkan sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak. Dijamin bau lumpur akan hilang.
  2. Saat membersihkan ikan, kita kerap menemukan kesulitan karena kulit ikan licin, sehingga sulit untuk memegangnya. Agar tekstur licin dapat teratasi, pergunakanlah garam pada telapak tangan yang digunakan untuk memegang ikan. Niscaya tekstur licin akan hilang dan kita tidak kesulitan memegang ikan.
  3. Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, gunakan garam dan air jeruk. Baurkan garam dan air jeruk, gosok pada bagian dalam ikan, pasti ikan akan bersih tanpa bau amis.
  4. Kalau ikan bisa didapatkan dari tulang ikan. Agar bau amisnya hilang, sebelum membuat kaldu, terlebih dahulu kita harus menggoreng tulang ikannya dengan sedikit minyak supaya kaldu ikan tidak terlalu berminyak.
okefood

1 komentar:

  1. Halo Admin http://rarajensi.blogspot.com

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://rarajensi.blogspot.com
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar atas.
    Dan kami akan menampilkan link http://rarajensi.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur.

    Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)
    Salam,

    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    BalasHapus