Sabtu, 17 September 2011

Kuliner Bandung - Gorengan Bandung

Mencari cemilan untuk menemani perbincangan akrab kamu dan sobat-sobat tersayang? Rasanya tak lengkap kalau tidak memasukkan gorengan sebagai salah satu kandidatnya. Dengan aneka ragam jenis yang sangat menggiurkan – mulai dari combro, pisang goreng, gehu, bala-bala hingga singkong goreng – tak lupa rasa gurih dari tepung yang telah dimasak tersebut, gorengan menjadi kuliner yang dicari-cari oleh para pecinta jajanan seluruh Nusantara, tak terkecuali di Kota Kembang tercinta. Para penjaja gorengan ini sungguh bertebaran di seantero Bandung, tapi tahukah kamu, gorengan dimana saja yang paling juara di seluruh kota Bandung ini? Nah, para pemburu kelezatan dari bandungreview.com sudah merangkum beberapa tempat andalan untuk kamu berikut ini!

Gorengan Cendana. Pernahkah kamu mencoba gorengan super maknyus yang kini berada di Jl. Bengawan? Yapyap, gorengan yang biasa dikenal dengan gorengan Cendana ini – konon sebelumnya sang pedagang menjajakan kuliner ini di tepi jalan Cendana – pastinya akan sangat mengundang selera kamu, pembaca! Gosipnya nih, sang kelezatannya terletak pada keringnya sang gorengan, tak berminyak dan warnanya yang kecoklatan. Psst.. gosipnya juga yang paling laku di sini adalah sang tahu goreng yang katanya sangat menggiurkan. Hmm.. yummy! Dengan harga satuan di bawah seribu perak, kamu pun bisa menikmati gorengan nikmat tersebut. Coba sendiri deh, dan kamu bakalan percaya kenapa gorengan-gorengan ini begitu laris di kalangan masyarakat Bandung yang sangat cinta jajanan maknyus ini.

Gorengan Cilaki. Kehujanan dan kedinginan? Butuh cemilan hangat disertai bandrek dan bajigur panas yang super nikmat? Gorengan Cilaki jadi jawabannya. Memang bukan nama gorenganlah yang terpampang besar di spanduknya, melainkan nama bajigur yang terlihat jelas. Tetapi, gorengan Cilaki ini sangat nikmat dan bagaikan pasangan serasi tak terpisahkan dengan bandrek dan bajigur ini. Ingin tahu yang paling dicari di sini? Ternyata gorengan nanas dan nangka yang unik dan lezat! Langsung saja datangi jajaran tenda-tenda bernuansa jingga yang buka mulai dari sore ini.

Gorengan Gardujati dan Sudirman. Gardujati memang selalu terkenal oleh penuhnya jajanan yang buka hingga tengah malam, dan jajanan tersebut – meskipun harganya relatif agak mahal – populer oleh kelezatannya yang tak tergantikan. Salah satu jajanan terlaris di jalan Gardujati ini adalah bola obi, cemilan unik terbuat dari ubi manis dengan bentuk bulat seperti jeruk. Berjalan tak jauh dari Gardujati, tepatnya di Jl. Sudirman, ada satu lagi gorengan yang tak kalah menggoda, Namanya combro Capitol, yang sudah super-legendaris di dunia jajanan Bandung. Kenyalnya singkong, disertai oncomnya yang nikmat dan super pedas membuat rasanya akan selalu meninggalkan kesan tersendiri di lidahmu.

Gorengan Simanalagi. Simanalagi, namanya cukup familiar di telingamu bukan, pembaca? Gorengan Simanalagi merupakan salah satu gorengan yang melegenda di kota Bandung tercinta ini. Bahkan gosipnya sih gorengan ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Tidak sedikit turis asing yang membeli gorengan-gorengan yang dihidangkan disini sebagai buah tangan bagi sanak saudara di kota asal mereka. Walaupun bertajuk Pisang Goreng Simanalagi, namun tak hanya jenis pisang goreng saja yang populer di kalangan para konsumennya, tahu oncom pun sangat diminati oleh para pengunjungnya. Jarang-jarangnya bukan menemukan gorengan tahu yang berisikan oncom di dalamnya? Hmm, tampak menggiurkan bukan? Kamu akan menemukan gorengan-gorengan unik ini di sekitar Jl. Dalem Kaum, dan di beberapa pujasera terkenal di Bandung, seperti di Jl. Setiabudhi, Dago, dan Purnawarman.

Wah gorengan yang nikmat sudah kita catat dimana “tempat mangkalnya”. Hey, walaupun rasanya memang luar biasa, jangan dihabiskan sendiri ya! Bagi rasa surgawinya dengan orang-orang terdekatmu juga. Selamat berkriuk-kriuk ria..................!!

bandungreview

Tidak ada komentar:

Posting Komentar