Minggu, 23 Oktober 2011

Tips Mengirim Kambing Dalam Jangka Waktu Lama

Bagaimana cara mengirim kambing dalam waktu lama?berikut saya berikan sedikit tips dan trik mengirim kambing dalam waktu lama

Rata rata waktu yang saya butuhkan untuk membawa kambing ke Malaysia adalah 5 hari. Hari x berangkat dari peternakan saya di Jogjakarta, dan 5 hari kemudian kambing itu baru sampai di PortKlang, Malaysia. Kalau lebih detail lagi, 3,5 hari perjalanan darat dan sisanya 1,5 hari perjalanan laut.

Kalau karmbing tidak terkondisi secara baik, bisa dipastikan tingkat kematian pada saat kambing sampai di tempat tujuan akan tinggi.

Pada awal bisnis ini saya kerjakan, tingkat kematian kambing pada saat sampai tempat tujuan, masih tinggi. Bahkan mencapai 30% – 50%. Kemudian setelah melakukan proses trial and error selama lebih dari 1 tahun, pada akhirnya hanya 0,1%. Tidak sampai 1%. Hal itu berlangsung continue selama 2 tahun.

*kambing ketika proses seleksi*
Bagaimana tips dan trik tingkat kematian bisa turun sampai 1%? Berikut saya berikan caranya:
  1. Kesehatan kambing harus anda jaga secara baik. Jauh hari sebelum keberangkatan.
  2. kambing itu harus sudah berada di kandang saya minimal 3 hari sebelum hari keberangkatan.
  3. kambing harus dicek secara benar kesehatannya. Pakailah jasa dokter hewan dari dinas peternakan setempat. Karena dokter hewan itu juga yang nantinya akan terlibat dalam proses pembuatan dokumen yang diperlukan. Dokumen ini dikeluarkan oleh Dinas Peternakan Kabupaten setempat.
  4. Sebelumnya anda harus perhitungkan secara cermat jumlah makanan dan air yang dibutuhkan selama kambing berada di kandang.
  5. Persiapkan crew kandang atau anak-anak kandang untuk menghadapi proses ini. Kalau perlu cari tenaga kontrak untuk menambah pasukan anda di kandang.
  6. Selesaikan proses seleksi secepat mungkin. Hal ini untuk menghindari kambing stress.
  7. Setelah proses seleksi selesai, beri kesempatan kambing istirahat. Kira-kira 1 hari penuh istirahatkan kambing. Biarkan tanpa diganggu sama sekali.
  8. Setelah itu maka Dokter Hewan akan datang untuk memeriksa kesehatan kambing untuk terakhir kalinya, dalam proses ini Kambing akan diberi suntikan vitamin dosis tinggi yang gunanya untuk menambah stamina selama kambing dalam perjalanan.
  9. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan tersebut jenis vitamin apa yang akan diberikan, beri pengertian bahwa perjalanan memakan waktu 5 hari.
  10. Proses loading kambing ke truk akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Lakukan sepagi mungkin untuk menghindari panas matahari.
  11. Kondisikan truk agar siap beberapa jam sebelumnya. Keadaan truk juga harus anda atur senyaman dan seefisien mungkin. Jangan biarkan kambing berdesak desakan, hitung secermat mungkin jumlah kambing dibandingkan dengan tempat yang tersedia di dalam truk atau dengan jumlah truk yang akan dipakai. Ini harus mulai dilakukan dari saat awal kita bernegosiasi dengan pembeli.
  12. Demikian juga dengan kondisi kandang dalam truk tersebut, jangan lupa beri jerami yang lebih banyak dibanding untuk pengiriman yang memakan waktu lebih pendek.
  13. Pilih crew truk yang berpengalaman dalam pengiriman kambing. Karena sangat berbeda dalam mengirim hewan hidup seperti kambing dengan barang lainnya. Crew yang berpengalaman biasanya paham mengenai pengaturan ruangan, makanan atau obat-obatan yang harus dibawa, waktu keberangkatan, dokumen yang diperlukan. Bahkan mereka juga sudah tahu dimana dan kapan waktu beristirahat selama diperjalanan, pengaturan truk jika harus memakai kapal fery atau penyeberangan.
  14. Pemilihan crew truk tersebut sangat sangat menentukan. Karena perjalanan memakan waktu lama. Saya pernah tahu bahwa crew yang berpengalaman dapat juga mengatasi masalah-masalah yang timbul pada kesehatan kambing selama diperjalanan.
  15. Selalu kontrol keadaan crew ruk berikut muatan kambingnya, selama dalam perjalanan. Karena kecil kemungkinan nya anda sendiri ikut dalam rombongan truk tersebut. Pilih satu orang yang anda percaya untuk ikut dalam perjalan, kontrol terus perkembangan nya via HP.
  16. Crew ini terdiri dari 1 orang driver, 1 orang co-driver atau driver cadangan. 1 orang yang bertugas secara khusus mengawasi kambing, orang ini akan berada bersama kambing terus di bak belakang truk.
demikian, semoga bermanfaat.
*proses pemberian vitamin oleh dokter hewan*
*kondisi kambing di kapal*
*kondisi kambing di karantina malaysia*
  • peternakan-kambing-sapi-kerbau
  • andbrother
  • info ternak. Phone : +62 813 3166 3166 , +62 274 831 3166


Tidak ada komentar:

Posting Komentar