Kamis, 08 Desember 2011

Donat - Donat Maknyuss Ala J-Co

Sekali waktu, aku dan mamaku jalan-jalan ke mall. Untuk mengganjal perut yang lapar sehabis mengelilingi isi mall, biasanya mampir di Dunkin Donut. Kali ini, ada yang baru dan di Bandung jumlah outletnya sangat terbatas, hanya di tempat-tempat tertentu. Cukup satu donat mengisi perut plus capucinno.... oughhh maknyusss. Akhirnya, 1 lusin dengan berbagai rasa kubungkus ke rumah untuk oleh-oleh adik-adik dan kakaku.

Di rumah, aku coba googling  donat ala J-Co untuk dicoba. eh dapat dari blognya sherryfreddy.multiply atau Mbak Sherry Andriani Fadjari( maaf ya aku co-pas ilmunya). sekalian nyobain bikin sekalian posting, apa salahnya.

Ini rahasinya,

Bahan A:
  • Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi) 850 g, siap pakai (aku pakai komachi, 1kg= 13rb di borma - bandung, di carefour???)
  • Ragi Instan 11 g (kayaknya dulu pada nulis 30 gram, trus ncc revisi jadi 11gram)
  • Garam 10 g (krn ada yg bilang keasinan aku pake 8 g)
  • Air Matang 600 ml (aku pake air hangat)
Bahan B:
  • Tepung terigu Bogasari Cakra Kembar/tepung terigu Jepang (Komachi) 200g
  • Garam 10 g (aku kurangin juga nih)
  • Susu Bubuk Full Cream 60 g (indomilk full cream)
  • Gula Pasir 125 g
  • Telur ayam 100
  • Mentega Putih/shortening 125 g, (mentega australi, beli di titan gading)
           Minyak padat buat goreng, (aku pake framasata)

Cara Membuat :
  1. Aduk bahan A hingga rata lalu istirahatkan selama 90 menit dalam wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang, sisihkan.
  2. Campur adonan A dengan bahan B lalu uleni hingga kalis selama 10 menit (aku 20 menit baru kalis, iyalah pake tangan nih, kayak nyuci baju diatas meja). Istirahatkan dalam wadah tertutup selama 15 menit.
  3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit lalu cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan kembali selama 10 menit.
  4. Goreng donat dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. (awas gosong api kecil juga, cepet bgt coklatnya)
  5. Setelah dingin, beri topping sesuai selera

aku pake almond gongseng dan white chocolate, frosting collata dark compound, trus filling coklat merk diamond sama icing sugar..


Step-step pembuatannya:

biang (adonan 1)
didiamkan setelah 90 menit
Campur dengan bahan 2
di roll  kaya bikin opak-opak
1 cm saja
bikin bulet pinggirannya
goreng dengan api kecil saja
hasilnya.... upppss
nah setelah didandanin... okeeeh ya
donat filling coklat
ah haa tinggal santapppp






sumber:
Sherry Andriani Fadjari
tabloid Lezat/ncc

1 komentar:

  1. bagusnya sich kalau step-step termasuk cara kasih filling dan bikin fillingnya di tuliskan juga.

    terus komentar hasilnya gimana, apakah sama, hampir sama dll.

    BalasHapus