Kamis, 08 Desember 2011

Donat - Empukkk ala Dunkin Donut

Seperti biasa aku ngulenin pake tangan, ngga pake mixer samsek, trus aku pake ragi merek saf instant dan bread improvernya pake bakers bonus yang beli disyafina jaman baheula... :)

Bahan A:

- Tepung terigu Cakra 300 gram
- Tepung Komachi 100 gram
- Tepung kentang 100 gram
- Gula pasir 125 gram
- Ragi instant 17 gram
- Bread improver 5 gram
- Baking powder double acting 1/2 sendok teh

Bahan B:

- Kuning telur 4 butir
- Whipped cream 100 ml
- Air 150 ml

Bahan C:

- Mentega 100 gram
- Garam 1 sendok teh

Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan A dalam kom mixer, kocok dengan baling spiral.
  2. Masukan kuning telur satu per satu sambil terus dimixer, tuangkan
  3. whipped cream dan air sedikit - sedikit hingga habis (Whipped cream +
  4. air bisa dicampur). Mixer hingga adonan halus.
  5. Masukan mentega dan garam, mixer kembali hingga kalis.
  6. Diamkan selama 20 menit. Gilas tipis lalu cetak sesuai selera, diamkan
  7. kembali selama 10 menit.
  8. Goreng dengan minyak padat (atau minyak goreng campur mentega putih)
  9. dan api kecil hingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  10. Topping dengan cokelat ganache + trimit.

Hasil Jadi 35 Buah

** Tips:
  • Jika tidak ada Komachi bias diganti dengan tepung Kereta Kencana semua
  • Minyak goreng harus banyak, agar donat bias mengembang sempurna, gunakan minyak padat agar donat tidak menyerap banyak minyak.
  • Topping cokelat ganache: Tim 250 gram cokelat masak pekat + 100 ml whipped cream
Diantara adonan donut dan roti yang aku buat sebelumnya, mungkin ini yang paling berat, aku ngga tahu kenapa..beraat, keras, dan ngga lunak, aku ampe sempet putus apa, apa emang hanya bisa pake mixer.. trus adonun mulai melunak dan kalis setelah dikasih mentega dan garam..dan hasilnya emang lebih kenyal dibandingkan donut2 dan roti yang kubuat sebelumnya...

Adonanan selesai diulenin, didiamkan dulu selama 20 menit...

Adonan di gilas dan di cetak ......





Jadi setelah donut selesai dicetak, langsung buru2 goreng.. kali ini aku pake minyak padat...(sebelumnya ngga pernah, pake minyak goreng biasa aja)..


Adonan sisa yang awal2 digoreng, untuk ngetes minyak dengan api kecil..
disusul dengan menggoreng donut2 yang sudah dicetak.
Tapi koq hasilnya malah ngga karuaaaaan... ngga kayak donut2 sebelumnya.. mirip kayak roti goreng, gurih?? 


Apa yang salah dengan takarannya minyak padaaat??... minyaknya aku pake takaran 500ml minyak goreng ditambah mentega putih 250gr, apa aku salah yach..?? takarannnya itu aku ngga yakin bener, berdasarkan hasil inget2 aja.. ngga baca referensi.. hick.. gagal lagi nich...

Awal2 masih oke, menjelang ke terakhir koq jadi nya seperti penampakan disamping... minyaknya jadi berbuih2.. hick... donutnya hancuuuur yang terakhir digoreng.

Hasil awal2 Donutnya renyaaah, guriiih, dan terpaksa harus kutinggal, karena aku harus segera berangkat..Ngga aku hias2 lagi pake topping2an...


sumber
ifacha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar