Kamis, 26 Juli 2012

Pengertian Wisata Kuliner


Anda suka makanan? Pasti setiap orang suka makanan meski tidak hobi berat makan. Sekarang ini tren wisata kuliner sedang bergema di beberapa tahun terakhir. Bahkan stasiun televisi pun turut menyajikan program wisata kuliner.



Pengertian Wisata Kuliner

Secara sepintas, pengertian wisata kuliner ini sebagai jalan-jalan yang tujuannya untuk makan. Meski konteks wisata kuliner menimbulkan beberapa pro dan kontra karena penggunaan kata ‘wisata’ yang digunakan bersamaan dengan kata kuliner dirasa kurang tepat, bagi beberapa pihak yang bergelut di bidang bahasa. Terlepas dari itu, masyarakat sudah sangat familiar dengan istilah ini dalam kehidupan mereka.

Berdasarkan pengertian wisata kuliner tersebut, Anda yang memiliki hobi jalan-jalan dan makan sangat cocok untuk melakukan kegiatan ini. Bila Anda doyan makan, pasti Anda akan berusaha mencicipi makanan yang baru. Entah rasa makanan yang lebih sedap, inovasi makanan yang jadi baru, mencicipi cita rasa yang masih ‘perawan’ di lidah, atau makan sambil menikmati city view dari restoran yang dikujungi, bisa menjadi kesenangan tersendiri.

Terlebih ciri khas orang Indonesia yang suka mencoba hal baru, termasuk makanan. Selain itu, Indonesia yang juga disebut-sebut surga kuliner di dunia. Kedua hal tersebut merupakan kombinasi yang sempurna dalam industri perkulineran di tanah air. Tentu para pebisnis di bidang pemuas perut dan dahaga terus berlomba-lomba menangkap pasar di tanah air yang menggiurkan. Bisa jadi, Anda pun sudah terkena rayuannya.


Lokasi Menarik Wisata Kuliner

Ada beberapa nama tempat yang biasanya dijadikan incaran para pecinta kuliner. Di antaranya Bandung, Jogjakarta, Solo, Bali, yang relatif banyak diserbu. Terlebih saat liburan tiba, baik libur panjang atau libur akhir pekan.


Kalau Anda ke Thailand, ada Patayya yang terkenal dengan makanannya. Sedangkan Taiwan dengan Shilin Night marketnya. Sementara menggiurkan juga makan di atas pohon di Okinawa, Jepang, atau Anarkali street di Pakistan. Jangan heran bila wisata kuliner ini digunakan sebagai daya tarik turis daerah maupun mancanegara.

Persiapan Wisata Kuliner

Setidaknya ada dua hal pokok yang harus Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan wisata kuliner.

1. Mencari informasi objek wisata kuliner yang menarik.

Sebelum kegiatan kuliner biasanya akan mencari informasi dari rekan kerja atau famili untuk mendapatkan makanan yang diidam-idamkannya tersebut. Informasi dari mulut ke mulut memang masih jadi referensi yang kuat sebelum mencoba hidangan. Tapi dengan berkembangnya zaman, pengaruh media termasuk media internet kini menjadi sumber informasi yang bisa diandalkan.

Bagi Anda yang menggunakan fasilitas internet, bisa dengan mudah menjelajah dunia maya demi mendapatkan bisik-bisik berharga tentang makanan impian. Anda tinggal ketik makanan yang Anda inginkan di search engine yang ada. Untuk pemakai twitter bisa juga mencari info dengan bertanya di beberapa akun twitter seperti @infokulinerbdg; @kulineryogya; @KulJak; @kulinersurabaya; @wkuliner; @malangkuliner; @BaliKuliner; @wiskultop; @kulinerindo; @Kuliner_Jakarta; @kuliner_solo dan sebagainya.

2. Menyiapkan Perbekalan dan Anggaran.

Yang paling utama untuk tidak diabaikan adalah mengumpulkan berbagai informasi mengenai aneka kuliner khas dari tiap daerah atau Negara yang akan dituju, serta menyiapkan dana khusus untuk transportasi selama wisata Anda supaya perut kenyang, tenang, dan perjalanan Anda menyenangkan. Selamat berkuliner ria.

anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar